PTS
SCHOOLOGY MATEMATIKA PEMINATAN SEMESTER GENAP KELAS X 2020/2021
Nama: Shabitta Syalwa Nabilla
Kelas: X MIPA 3
1. Jika vector = , =, dan , ,maka hasil dari operasi vector + 2-3 adalah
Jawab
:
a + 2b – 3c
=
= (–1 13
–2)
= (D)
2. Diketahui = = 1 dan = 1. Panjang vector + adalah
Jawab:
|a-b|^2
= |a|^2 + |b|^2-2.a.b cos a
1^2=[akar
3]^2-2ab cos a
1=3+1-2ab cos a
1=4-2ab cos a
2ab cos a= 4-1
2ab cos a= 3
|a+b|^2= |a|^2+|b|^2 +2ab cos a
|a+b|^2 =[akar 3]^2 +1^2 +3
|a+b|^2= 3+1+3
|a+b|^2=7
(C)
3. Diketahui
=2 – 3 + 4 dan = 5 . Nilai . adalah
Jawab:
a
= 2i - 3j + 4k,
b = 5j + 5k = 0i + 5j + 5k
ab = 2(0) + (-3)(5) + 4(5) = 0 - 15 + 20 = 5 (B)
4. Diketahui = 2,jika = 4 dan = 6 maka adalah
Jawab:
|a+b|= 2 akar 19
|a+b|^2=[2 akar
19]^2
|a|^2+2ab+|b|^2=4[19]
4^2+2ab+36=76
2ab=24
|a-b|^2=|a|^2-2ab+|b|^2
|a-b|^2=4^2-24+6^2
|a-b|^2=28
|a-b|
= akar 28 = (A)
5. Diketahui vector - 3 + , = p + 2 - = - + 3 Jika tegak lurus terhadap
vector =
Jawab:
b x c = 0
(p,2,-1) x (1,-1,3) = 0
(p,-2,-3) = 0
p-5=0
p = 5
jadi
b=5i+2j-k
Vektor a-b-c =
(2,-3,1)-(5,2,-1)-(1,-1,3)
(2-5-1, -3-2-(-1), 1-(-1)-3)
(-3-1, -5+1, 2-3)
(-4, -4, -1)
-4i -4j –k (C)
6. Jika sudut antara vector = + + p dan vector - + p adalah 60 maka p adalah
Jawab:
a . b = |a| |b| Cos
60
p² - 1 = √(p² + 3)
√(p² + 3) (1/2)
2p² - 2 = p² + 3
p² = 5
P² - 5 = 0
(P + √5)(p - √5) =
0
P = √5
P = - √5
. (D)
7. Titik A (3,2,-1) B (1,-2,1) dan C (7,
p-1, -5) segaris untuk nilai p =
Jawab:
A = (3, 2, -1)
B = (1, -2, 1)
C = (7,(p - 1), -5)
panjang AB = B - A
= (1, -2, 1) - (3, 2, -1)
= (-2, -4, 2)
panjang BC = C - B
= (7, (p - 1), -5) - (1, -2, 1)
= (6, (p + 1), -6)
kita cari konstanta yang mengubah (-2, -4, 2)
menjadi (6, (p + 1), -6)
misal kita ambil vektor dari sumbu x
-2 * x = 6
x = 6 / -2
x = -3
maka,
-4 * x = (p + 1)
-4 * -3 = p + 1
12 = p + 1
p = 12 - 1
p = 11 (B)
8. Diketahui titik A (3,1,-4) , B (3,-4,6),
dan C (-1,5,4). Titik P membagi AB, sehingga
AP:PB = 3:2 maka vector yang diwakili oleh PC adalah
Jawab:
AP : PB = 3 : 2, maka
p =
p =
p =
p =
p = (3, –2, 2)
Jadi vektor PC
= c – p
=
=
= –4i + 7j + 2k
= (E)
9. Panjang proyeksi orthogonal vector = pada vector = adalah 8. nilai p yang
tepat adalah
Jawab:
a . b =
a . b = –2(0) + 8p + 4(4)
a . b = 8p + 16
Panjang vektor b
|b| =
|b| =
Panjang proyeksi vektor a pada b = 8
=
8
=
8
=
8
8(p + 2) = 8√(p² + 16)
(p + 2) = √(p² + 16)
Kedua
ruas dikuadratkan
(p + 2)² = (p² + 16)
p² + 4p + 4 = p² + 16
4p = 16 – 4
4p = 12
p = 3(C)
10. Diberikan vector = , = dan = . Jika vector tegak lurus vector
,maka hasil dari () adalah
Jawab:
a . b = 0
(p, 2, -1) . (4, -3, 6) = 0
p(4) + 2(-3) + (-1)(6) = 0
4p - 6 - 6 = 0
4p = 12
p = 3
a - b
= (p, 2, -1) - (4, -3, 6)
= (3, 2, -1) - (4, -3, 6)
= (-1, 5, -7)
2c = 2(2, -1, 3) = (4, -2, 6)
(a - b) . 2c
= (-1, 5, -7) . (4, -2, 6)
= -1(4) + 5(-2) + (-7)(6)
= -4 - 10 - 42
= -56 (D)
11. Diketahui titik A (1,2,3), B(3,3,1), dan
C (7,5,-3). Jika titik A ,B,C segaris (kolinear), maka perbandingan adalah
Jawab:
AB = b - a
= (3,3,1) - (1,2,3)
= (2,1,-2)
BC = c - b
= (7,5,-3) - (3,3,1)
= (4,2,-4)
AB : BC
(2,1,-2) : (4,2,-4)
(2,1,-2) : 2(2,1,-2)
1 : 2
Jadi, AB : BC = 1 : 2 (A)
12. Jika vector tak nol dan memenuhi maka vector dan saling
Jawab:
|a+b|
= √|a|² + |b|² + 2 |a| |b| . cos x
|a-b|
= √|a|² + |b|² - 2 |a| |b| . cos x
√|a|²
+ |b|² + 2 |a| |b| . cos x = √|a|²+|b|² + 2 |a| |b| . cosx
AKAR
NYA HILANG JADI
|a|²
+ |b|² + 2 |a| |b| . cosx = |a|²+|b|² + 2 |a| |b| . cosx
=>
|a| |b| . cos x + 2 |a| |b| . cos x = 0
=>
4 |a| |b| . cos x = 0
=>
0/4 |a|.|b|
=>
0
cos
x = 0 = 90°
jadi
a dan b saling membentuk sudut 90° (A)
13. Diketahui titik A (2,7,8), B (-1,1,-1)
dan C (0,3,2). Jika mewakili dan mewakili ,maka proyeksi orthogonal vector pada adalah
Jawab:
BC= c-b
AB=(-1,1,-1)-(2,7,8)
=(-3,-6,-9)
BC=(0,3,2)-(-1,1,-1)
=(1,2,3)
e= u•v/|v|² . v
=(-3•1)+(-6•2)+(-9•3)/(√1²+2²+3²)²kali
(1,2,3)
=-3-12-27/(√14)²
kali (1,2,3)
=-42/14 kali
(1,2,3)
= -3(1,2,3)
= (-3,-6,-9) = -3i
- 6j -9k (A)
14. Jika diketahui vector = 2– 3 + 6 dan vector = + p - saling tegak lurus ,maka
nilai p adalah
Jawab:
Saling tegak lurus, maka
a . b = 0
(2,-3,6) . (1,p,-1) = 0
2 + (-3p) + (-6) = 0
-3p - 4 = 0
p = -4/3(B)
15. Diketahui vector = 5 + + 7 dan =3 - +2 . proyeksi orthogonal
vector pada adalah
Jawab:
= .
= .
= .
=.2 .
= 2. (3 - +2 )
=6 - 2 +4 (B)
16. Diketahui = dan = jika adalah proyeksi terhadap dan = ,maka nilai y yang memenuhi adalah
Jawab:
Proyeksi a pada b
|z| = a.b / |b|
½ √y² + 8 = (8 -
2y) /√y² + 8
½ (√y² + 8) (√y² +
8) = 8 - 2y
y² + 8 = 2 (8 - 2y)
y² + 8 = 16 - 4y
y² + 4y - 8 = 0
y= -4+4 akar 3.2
atau y=-42 akar 3.2
= C.-2+2
17. Missal vector dan = a +a - b . sudut antara vector dan adalah dengan cos .Proyeksi vector pada adalah. Nilai a adalah
Jawab:
Kita coba siapkan terlebih
dahulu perkalian titik (dot product) dari vektor u dan vektor v.
Langkah pertama adalah membentuk
persamaan dari vektor-vektor u dan v terkait cosinus sudut antara keduanya.
Rumus cosinus sudut vektor u dan v
Sederhanakan dengan kedua pembilang
dibagi 3.
Kita sebut sebagai Persamaan-1.
Langkah kedua adalah membentuk
hubungan antara vektor v dengan vektor proyeksi u pada v yaitu vektor p.
Vektor proyeksi u pada v adalah
vektor p, yakni
Kita misalkan sebagai
k yaitu faktor pembanding (atau pengali).
Dapat disimpulkan bahwa jika
vektor proyeksi u pada v adalah p, maka terdapat hubungan
Diperoleh ka = 4, kb = 2, dan ka =
4.
Dari k = ⁴/ₐ disubsitusikan ke kb =
2 menjadi (⁴/ₐ)b = 2 lalu menjadi 4b = 2a.
Selanjutnya diperoleh hubungan a =
2b sebagai Persamaan-2.
Substitusikan Persamaan-2 ke
Persamaan-1.
Kuadratkan kedua ruas untuk
menghilangkan akar kuadrat.
Kalikan silang.
5b² + 81 = 121
5b² - 40 = 0
Sederhanakan kedua ruas dengan
dibagi 5.
b² - 8 = 0
Faktorkan.
(b - √8)(b + √8) =
0
Untuk b = √8 diperoleh b = C.2√2
18. Jika = 2x ,dan adalah proyeksi vector ke , maka untuk
Jawab:
[x+1] [x-2]0
19. Vector dan vector adalah vector searah. Sebab
Nilai = 18
Jawab:
C. PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH
20. Segitiga ABC dengan koordinat titik
sudur A(4,7,0), B(6,10,-6) dan C(1,9,0) merupakan segitiga siku-siku.
Sebab
Nilai
A.PERNYATAAN
BENAR,ALASAN BENAR,DAN MEMPUNYAI HUBUNGAN SEBAB AKIBAT.
Komentar
Posting Komentar